Selasa, 04 Oktober 2011

Ivan Scumbag Biografi

IVAN SCUMBAG ( 1978 - 2006 )





Siapa yg tidak kenal Alm Ivan Firmansyah atau yg lebih dikenal dengan nama Ivan Scumbag ini ??? Dia menggebrak dunia underground Indonesia bersama bandnya yg beraliran Hardcore Metal bernama Burgerkill dengan ganas dan brutal.Selain itu ia juga salah satu pendiri homeless crew.


Lahir pada 1 April 1978.Ia dikenal sebagai pribadi yg menyenangkan,juga pendiam.Minatnya akan musik telah terlihat sejak ia masih kecil.Dan mulai bermain band sejak ia bersekolah di sekolah menengah pertama.Akhirnya setelah berulang kali membentuk band,pada tahun 1995 ia masuk Burgerkill yg didirikan oleh Eben dan Kimung.

Burgerkill pada awal karirnya lebih sering main dijakarta.Bahkan sempat disangka band jakarta karena hal tersebut.Disamping memang pada waktu itu mereka masih membawakan Old School Hardcore Seperti Minor Threat,Circle Jerks,Black Flag,yg notabenenya lebih banyak dimainkan oleh band band Hardcore jakarta dibandingkan dengan bandung.

Sosok Ivan yg sangat berkarisma diatas panggung dengan cepat menyedot perhatian masa.Gayanya yg ugal ugalan dan tidak bisa diam menyihir banyak orang.Ia mendedikasikan dirinya sebagai seorang Scumbag pada waktu itu.Dan ia memang pantas mendapatkan julukan tersebut.

Ia sempat kuliah disalah satu purguruan tinggi negeri bergengsi didaerah Jatinangor,Sumedang.Akan tetapi,karena ia merasa musik adalah jalan hidupnya,ia pun memutuskan untuk drop out,dan terus menghajar jalanan bersama Burgerkill.

Pada tahun 2000,album dua sisi dirilis.Sebuah album yg sangat bersejarah.Didalamnya terdapat lagu yg sangat sangat fenomenal seperti Rendah,Revolt,Sakit Jiwa,Blank Proudness dsb.Disamping itu,mereka juga mengcover lagu dari Minor Threat yg berjudul Guilty Of Being White.Sayang saat album ini dirilis,Sang basist Kimung keluar dari Burgerkill.

Ivan tidak pernah hidup menetap disuatu tempat.Ia lebih sering menghabiskan waktunya dijalanan,atau dirumah sahabat sahabatnya.Ia merasa sangat menikmati kehidupannya tersebut.Ia begitu membumi dengan segala kerendahan hatinya walaupun bisa dibilang ia adalah seorang panutan dikomunitas bawah tanah Bandung.Sempat beberapa kali saya bertemu dengan beliau dan memang benar,ia begitu bersahaja.Banyak orang yg berlomba ingin dekat dengan Ivan,dan dengan tangan terbuka,ia menerima mereka semua.Begitulah dia,semakin orang lain memujanya,semakin ia merendahkan dirinya.Tidak ada ego seorang Rock Star sedikitpun dalam dirinya.

Ia juga dikenal sebagai seorang yg teguh dalam pendirian dan pantang menyerah.Cita citanya sebagai sebagai seorang musisi bukanlah tanpa cobaan.Berkali kali kondisi finansialnya yg buruk menjegalnya.Padahal saat itu,Burgerkill sedang berada dipuncak popularitas dengan dirilisnya album Berkarat ditahun 2003 dibawah Sony Music.Memang bisa dimengerti,menjadi seorang musisi dinegri ini sangatlah sulit.Apalagi musisi seperti Ivan,yg begitu idealis membawakan musik yg mungkin tidak bisa diterima ditelinga orang awam.Belum lagi Kondisi kesehatannya yg memburuk yg pada akhirnya merenggut nyawanya.

Dengan kondisi kesehatanya tersebut,ia berhasil merampungkan lagu lagu Untuk album ketiganya Beyound Coma And Despair.Dengan penuh perjuangan dan begitu menguras tenaga.Ia seakan tidak mau mengalah pada penyakitnya.Terbukti dalam album ini,kualitas vokal Ivan Begitu menakjubkan.Dengan konsep musik yg bisa dibilang berbeda,ia mengisi setiap bagian dengan penuh emosi.Hasilnya adalah lagu lagu yg begitu memiliki jiwa.

Akhirnya ivanpun menyerah pada penyakitnya.Sang Begundal Hardcore Ugal-ugalan itupun meninggal pada 28 juli 2006 setelah sebelumnya dirawat diRumah Sakit.Diagnosis terakhir menyebutkan ia terkena Radang Selaput Otak.Ada juga yg menyebutkan bahwa ia terkena H.I.V akibat kebiasaannya dimasa lalu yg mengkonsumsi Drugs.Hanya Tuhan yg tahu.

Mungkin memang raga Ivan telah tiada.Akan tetapi jiwanya akan terus bernyanyi dialam sana,dan tetap akan selau dikenang oleh kita semua sepanjang masa.

REST IN PEACE SCUMBAG....
WE WILL GONNA MISS YOU....


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar