Senin, 31 Agustus 2026

Koleksi Rilisan Fisik Di Era Digital

Di era digital anak-anak sekarang lebih memilih mendengarkan lagu di platfrom digital,walaupun tidak semuanya tapi kebanyakan anak-anak sekarang lebih memilih mendengarkan lagu di platfrom digital seperti Spotify,Joox,Youtube & lain-lain. Tapi anak-anak zaman dulu jika ingin mendengarkan lagu atau album secara keseluruhan,harus menabung atau menyisihkan uang saku yang di berikan orang tua mereka untuk membeli rilisan fisik yang mereka suka. Seperti Cd,kaset&piringan hitam walaupun harganya agak mahal,tapi menurut saya harga untuk sebuah rilisan fisik itu relatif terjangkau.Saya mulai membeli rilisan fisik pada tahun 2010 kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMA),rilisan fisik pertama yang saya beli adalah Cd dari band Nudist Island album 'For All The Best".
Lalu Cd ke-dua yang saya punya Goodboy Badminton "Going Out" 2010,saya beli di Riotic yang berada di Toko "Rock House" Bandung jl.Dewi Sartika sebelum alun-alun Bandung.Tempat yang sama waktu saya membeli cd Nudist Island.
Lalu sempat beberapa bulan atau mungkin 1 tahun tidak membeli rilisan fisik,karena masih minta uang dari orang tua,jadi belum bisa beli setiap ada rilisan baru.Lalu pada bulan juni 2011 saya membeli album terbaru dari Burgerkill "Venomous" di konser Bndung Berisik V yang di selenggaran di Lapangan Brigif Cimahi,kebetulan waktu itu Burgerkill rilis album "Venomous" bertepatan pada tanggal,bulan&tahun yang sama seperti di selenggarakannya konser "Bandung Berisik V".Saat saya beli Cd Burgerkill "Venomous" dapat poster gratis gambar cover album "Venomous".tapi sialnya pada waktu itu saya menitipkan tas saya di temannya teman saya yang waktu itu baru kenal di Bandung Berisik V,saya juga sempat berpisah sama teman saya karena waktu seringai atau jasad yang main saya lupa lagi. Sempat berpisah sampai mungikin 3 jam lebih saya mencari teman saya tidak ketemu,hingga ketemu saat selesai acara Bandung Berisik V,karena saya menitipkan tas saya di teman saya.Waktu saya buka tas saya ternyata Cd Burgerkill "Venomous" saya hilang sekaligus poster cover album "Venomous" sial sekali.Saya harus menunggu sekitar 3 atau 4 minggu baru cd Burgerkill "Venomous" ada di distro.Lalu saya membelinya di distro "Omuniuum" jl.cieumbeluit Bandung tapi saya tidak dapat poster cover album "venomous" setidaknya dapat cdnya.
Pada tahun 2014 saya sudah bekerja lalu bisa membeli cd pakai uang sendiri,saya mulai mengkoleksi rilisan fisik terutama cd,dengan berbagai genre yang berbeda dari mulai metal,hardcore,punk,death metal,grindcore,emo,thrash metal DLL.Hingga sekarang mungkin sudah terkumpul 20 lebih karena saya tidak pernah menghitung CD-CD saya dari band lokal & untuk band mancanegara hanya beberapa saja,karena harga cd band mancanegara lebih mahal ketimbang cd band-band lokal.
Dan akhir-akhir ini saya mulai mengkoleksi kaset pita walaupung baru sedikit kaset pita koleksi saya,baru 4 kaset pita.
Dukung terus musisi-musisi dan band-band yang kalian suka dengan membeli rilisan fisik mereka entah itu Cd,Kaset Pita & vinyl.Krena itulah salah satu cara kita menghargai para musisi yang telah bersusah payah membuat lagu,lalu lirik lagu,album.Dan harus membeli album yang original jangan bajakan,jangan dwoload lagu atau album ilegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar